KEGIATAN BERMUTU BATANG TIMUR

Jumat, 04 Februari 2011

Case Stady, Langkah Awal Menuju Perbaikan Pendidikan

Apa itu case stady? Case Study atau studi kasus adalah rangkuman pengalaman pembelajaran (pengalaman mengajar) yang ditulis oleh seorang guru/dosen dalam praktik pembelajaran mereka di kelas. Pengalaman tersebut memberikan contoh nyata tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh guru pada saat mereka melaksanakan pembelajaran.
Seorang guru sering mengeluh kepada rekan sejawat setalah melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Keluhan yang dirasakan bisa mengenai materi atau tingkah laku siswa yang kurang atau bahkan tidak mendukung tujuan belajar yang hendak dicapai.
Keluhan-keluhan itu kadang ditanggapi oleh teman sejawat dengan serius atau bayolan. Tanggapan-tanggapan tersebut kadang memberikan solusi dari permasalahan tersebut, kadang juga tidak.
Maksimalkan PBM
Permasalahan yang timbul saat proses Belajar Mengajar (PBM) membuat tujuan belajar tidak tercapai secara maksimal. Lalu bagaimana agar PBM dapat berjalan dengan maksimal dan tujuan belajar dapat tercapai, yaitu dengan memaksimalkan case stady.
Selama ini guru hanya sering mengeluh setelah melaksanakan PBM, sebaiknya keluhan-keluhan PBM tersebut ditulis didalam kertas/buku atau sejenisnya. Kemudian masalah yang ditulis tersebut dicarikan solusinya lewat bertanya dengan teman sejawat, pakar atau mencari rujukan lewat buku atau internet kemudian tulis.
Catatan permasalahan tidak perlu panjang yang penting tepat kepada masalahnnya. Misalnya ” mengapa setelah mengajar para siswa tidak paham?, mengapa siswa itu selalu rebut dikelas? Kenapa siswa tidak ada yang mau bertanya?”
Mulai dari Sekarang
Jika permasalah tersebut kita mau menulis menjadi catatan-catatan kecil, maka kita bisa mengkaji, menganalisa untuk mencari pemecahannya.
Jika solusi permasalahan sudah didapat dan diterapkan dalam PBM maka hasil yang diharapkan dapat meningkat. Jika hasil yang didapat belum maksimal maka kita tetap harus mengkaji kembali dari solusi yang diberikan dan mencari solusi yang lain.
Harapannya catatan-catatan kecil dari permasalah atau keberhasilan PBM mau kita agendakan, maka guru akan mempunyal bank PBM yang dapat dijadikan sebagai acuan dan pembelajaran untuk meningkatkan kwalitas pendidikan di tanah air.

2 komentar:

  1. ucapan selamat di sisni jam 5 sore kok di batang timiyr jam 2 ya selisihnya lumayan

    BalasHapus