KEGIATAN BERMUTU BATANG TIMUR

Jumat, 04 Februari 2011

Kajian Pustaka/Kritis, Salah satu Solusi Case Stady

Guru adalah ujung tombak pendidikan. Keberhasilan pendidikan di tanah air 70% ditentukan oleh guru. Seiring dengan tugas-tugas guru yang begitu banyak, guru masih dihadapi oleh permasalah-permasalahn yang yang begitu banyak, kesejahteraan rendah, tidak ada jaminan hukum, klasifikasi pendidikan dan masih banyak lagi. Tetapi dari permasalah yang paling utama adalah yang berhubungan dengan kegiatan proses belajar mengajar (PBM).
PBM memerlukan peran aktif siswa, dan hasil finalnya adalah nilai (hasil belajar) yang baik. Untuk mewujudkan itu maka seorang guru harus senantiasa memperbaiki kwalitas pembelajarannya.
Permasalahan PBM dapat kita siasati dengan membuka kembali lembaran-lembaran catatan keberhasilan mengajar yang telah lalu (case stady), atau kita dapat mengkaji lewat literatur-literatur yang ada lewat kajian pustaka/kritis.
Cari Solusi
Kajian kritis adalah suatu upanya untuk memberikan pembenaran dari sebuah solusi permasalahan yang diberikan. Kegiatan-kegiatan kajian kritis antara lain membaca, menelaah, menganalisa untuk memperoleh data pendukung dari sebuah solusi.
Jika solusi dari permasdalahan (case stady) tersebut ada teori yang mendukung maka gunakanlah untuk perbaikan PBM, jika tidak maka cari cari yang lainnya.
Upanya-upanya perbaikan PBM harus terus kita lakukan, hal ini dapat meningkatkan wawasan, dan kwalitas PBM itu sendiri. Hasil final yang kita harapkan setidak-tidaknya telah kita upanyakan. Keberhasil dalam meningkatkan hasil belajar itu urusan Allah yang maha menentukan. Untuk itu doa kita harus tetap kita haturkan agar pendidikan di tanah air dapat meningkat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar